DNS - Domain Name Server

DNS (Domain Name Service)

Seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai internet, bahwa DNS merupakan sebuah service yang akan melayani permintaan sebuah translasi dari nama ke suatu alamat IP ataupun sebaliknya dari alamat IP ke nama. Setiap kali kita berselancar di internet  pasti diperlukanlah DNS.
Pada komputer yang kita gunakan, pengaturan pengarahan DNS ini ada di properties dari jaringan yang kita gunakan. Pada windows cobalah menuju ke Control Panel → Network Connection → Local Area Network → Properties. Jika anda akan memilih properties untuk LAN yang aktif maka akan muncul suatu dialog seperti gambar berikut ini :

Gambar Setting IP dan DNS (Web dan Internet)


Penggunaan service DNS ini akan secara otomatis dilakukan oleh software yang kita gunakan. Jika kita menggunakan browser seperti Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, ataupun Internet Explorer. Setiap kali kita mengetikan nama dari situs di bagian address bar nya, maka akan secara otomatis browser tersebut akan menggunakan DNS untuk mendapatkan IP dari situs yang sedang kita kunjungi saat itu.
Selain memanfaatkan DNS secara otomatis pada browser, kita juga bisa menggunakan service DNS ini dengan menggunakan perintah secara langsung. Di windows kita bisa menjalankan program Command Prompt dan menggunakannya untuk meminta informasi ke DNS. Berikut ini adalah contoh gambar penggunaan DNS secara langsung dengan menggunakan perintah nslookup :

Gamar Penggunaan Service DNS Secara Langsung (Web dan Internet)
Dari gambar di atas kita bisa melihat penggunaan perintah nslookup agar meminta layanan ke DNS dengan memberikan alamat IP dari nama domain yang kita berikan secara langsung.

Subscribe to receive free email updates: