Strategi Pelaksanaan Keperawatan Jiwa - Harga Diri Rendah (HDR)

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN PERAWATAN



  1. Masalah Utama : Harga Diri Rendah
  2. Pertemuan : Ke 1 (satu)
    1. Tindakan Keperawatan Pada Pasien
      1. Kondisi:
        1. Klien kelihatan sering menyendiri
        2. Klien mengatakan malu dan tak berguna
        3. Klien sering mengatakan dirinya tidak mampu melakukan sesuatu,
        4. Klien lebih banyak diam,
        5. Selama berkomunikasi kontak mata kurang

      2. Diagnosa Keperawatan:
        1. Harga diri rendah

      3. Tujuan Khusus
        1. Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
        2. Klien dapat menilai kemampuan yang dapat digunakan.
        3. Klien dapat memilih kemampuan yang akan digunakan
        4. Klien mampu melakukan kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan yang dimilikinya


      SP 1 Pasien: Mendiskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki pasien, membantu pasien menilai kemampuan yang masih dapat digunakan, membantu pasien memilih/menetapkan kemampuan yang akan dilatih, melatih kemampuan yang sudah dipilih dan menyusun jadwal pelaksanaan kemampuan yang telah dilatih dalam rencana harian

      Strategi Pelaksanaan 1
      ORIENTASI :

      "Selamat pagi, bagaimana keadaan T hari ini ? T terlihat segar. Perkenalkan nama saya Noor Rio Prastyo mahasiswa STIKES , saya suka dipanggil Rio"

      "Bagaimana, kalau kita bercakap-cakap tentang kemampuan dan kegiatan yang pernah T lakukan? Setelah itu kita akan nilai kegiatan mana yang masih dapat T dilakukan. Setelah kita nilai, kita akan pilih satu kegiatan untuk kita latih"

      "Dimana kita duduk ? bagaimana kalau di ruang tamu ? Berapa lama ? Bagaimana kalau 20 menit ?"

      KERJA :

      "Apa saja kemampuan yang T dimiliki? Bagus, apa lagi? Saya buat daftarnya ya! Apa pula kegiatan rumah tangga yang biasa T lakukan? Bagaimana dengan merapihkan kamar? Menyapu ? Mencuci piring..............dst"

      "Wah, bagus sekali ada lima kemampuan dan kegiatan yang T miliki".

      "T, dari lima kegiatan/kemampuan ini, yang mana yang masih dapat dikerjakan di rumah sakit ? Coba kita lihat, yang pertama bisakah, yang kedua.......sampai 5 (misalnya ada 3 yang masih bisa dilakukan). Bagus sekali ada 3 kegiatan yang masih bisa dikerjakan di rumah sakit ini."

      "Sekarang, coba T pilih satu kegiatan yang masih bisa dikerjakan di rumah sakit ini."

      "O yang nomor satu, merapihkan tempat tidur? Kalau begitu, bagaimana kalau sekarang kita latihan merapihkan tempat tidur T."

      "Mari kita lihat tempat tidur T. Coba lihat, sudah rapihkah tempat tidurnya?"

      "Nah kalau kita mau merapihkan tempat tidur, mari kita pindahkan dulu bantal dan selimutnya. Bagus ! Sekarang kita angkat spreinya, dan kasurnya kita balik."

      "Nah, sekarang kita pasang lagi spreinya, kita mulai dari arah atas, ya bagus !. Sekarang sebelah kaki, tarik dan masukkan, lalu sebelah pinggir masukkan. Sekarang ambil bantal, rapihkan, dan letakkan di sebelah atas/kepala. Mari kita lipat selimut, nah letakkan sebelah bawah/kaki. Bagus !"

      "T sudah bisa merapihkan tempat tidur dengan baik sekali. Coba perhatikan bedakah dengan sebelum dirapikan? Bagus "

      "Coba T lakukan dan jangan lupa memberi tanda MMM (mandiri) kalau T lakukan tanpa disuruh, tulis B (bantuan) jika diingatkan bisa melakukan, dan T (tidak) melakukan."

      TERMINASI :

      "Bagaimana perasaan T setelah kita bercakap-cakap dan latihan merapihkan tempat tidur ? Yach, T ternyata banyak memiliki kemampuan yang dapat dilakukan di rumah sakit ini. Salah satunya, merapihkan tempat tidur, yang sudah T praktekkan dengan baik sekali. Nah kemampuan ini dapat dilakukan juga di rumah setelah pulang."

      "Sekarang, mari kita masukkan pada jadual harian. T. Mau berapa kali sehari merapihkan tempat tidur. Bagus, dua kali yaitu pagi-pagi jam berapa ? Lalu sehabis istirahat, jam 16.00"

      "Besok pagi kita latihan lagi kemampuan yang kedua. T masih ingat kegiatan apa lagi yang mampu dilakukan di rumah selain merapihkan tempat tidur? Ya bagus, cuci piring.. kalu begitu kita akan latihan mencuci piring besok jam 8 pagi di dapur ruangan ini sehabis makan pagi Sampai jumpa ya"



      SP 2 Pasien: Melatih pasien melakukan kegiatan lain yang sesuai dengan kemampuan pasien.

      Strategi Pelaksanaan 2
      ORIENTASI :

      "Selamat pagi, bagaimana perasaan T pagi ini ? Wah, tampak cerah"

      "Bagaimana T, sudah dicoba merapikan tempat tidur sore kemarin/ Tadi pagi ? Bagus (kalau sudah dilakukan, kalau belum bantu lagi, sekarang kita akan latihan kemampuan kedua. Masih ingat apa kegiatan itu T?"

      "Ya benar, kita akan latihan mencuci piring di dapur"

      "Waktunya sekitar 15 menit. Mari kita ke dapur!"

      KERJA :

      "T, sebelum kita mencuci piring kita perlu siapkan dulu perlengkapannya, yaitu sabut/tapes untuk membersihkan piring, sabun khusus untuk mencuci piring, dan air untuk membilas., T bisa menggunakan air yang mengalir dari kran ini. Oh ya jangan lupa sediakan tempat sampah untuk membuang sisa-makanan."

      "Sekarang saya perlihatkan dulu ya caranya"

      "Setelah semuanya perlengkapan tersedia, T ambil satu piring kotor, lalu buang dulu sisa kotoran yang ada di piring tersebut ke tempat sampah. Kemudian T bersihkan piring tersebut dengan menggunakan sabut/tapes yang sudah diberikan sabun pencuci piring. Setelah selesai disabuni, bilas dengan air bersih sampai tidak ada busa sabun sedikitpun di piring tersebut. Setelah itu T bisa mengeringkan piring yang sudah bersih tadi di rak yang sudah tersedia di dapur. Nah selesai"

      "Sekarang coba T yang melakukan"

      "Bagus sekali, T dapat mempraktekkan cuci pring dengan baik. Sekarang dilap tangannya"

      TERMINASI :

      "Bagaimana perasaan T setelah latihan cuci piring ?"

      "Bagaimana jika kegiatan cuci piring ini dimasukkan menjadi kegiatan sehari-hari"

      "T. Mau berapa kali T mencuci piring? Bagus sekali T mencuci piring tiga kali setelah makan."

      "Besok kita akan latihan untuk kemampuan ketiga, setelah merapihkan tempat tidur dan cuci piring. Masih ingat kegiatan apakah itu? Ya benar kita akan latihan mengepel"

      "Mau jam berapa ? Sama dengan sekarang ? Sampai jumpa"



      Latihan dapat dilanjutkan untuk kemampuan lain sampai semua kemampuan dilatih. Setiap kemampuan yang dimiliki akan menambah harga diri pasien.

      Baca Juga : Strategi Pelaksanaan Keperawatan Jiwa - Halusinasi


    2. Tindakan keperawatan pada keluarga
    3. Keluarga diharapkan dapat merawat pasien dengan harga diri rendah di rumah dan menjadi sistem pendukung yang efektif bagi pasien.
      1. Tujuan :
        1. Keluarga membantu pasien mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki pasien
        2. Keluarga memfasilitasi pelaksanaan kemampuan yang masih dimiliki pasien
        3. Keluarga memotivasi pasien untuk melakukan kegiatan yang sudah dilatih dan memberikan pujian atas keberhasilan pasien
        4. Keluarga mampu menilai perkembangan perubahan kemampuan pasien
      2. Tindakan keperawatan :
        1. Diskusikan masalah yang dihadapi keluarga dalam merawat pasien
        2. Jelaskan kepada keluarga tentang harga diri rendah yang ada pada pasien
        3. Diskusi dengan keluarga kemampuan yang dimiliki pasien dan memuji pasien atas kemampuannya
        4. Jelaskan cara-cara merawat pasien dengan harga diri rendah
        5. Demontrasikan cara merawat pasien dengan harga diri rendah
        6. Beri kesempatan kepada keluarga untuk mempraktekkan cara merawat pasien dengan harga diri rendah seperti yang telah perawat demonstrasikan sebelumnya
        7. Bantu keluarga menyusun rencana kegiatan pasien di rumah


      SP 1 Keluarga : Mendiskusikan masalah yang dihadapi keluarga dalam merawat pasien di rumah, menjelaskan tentang pengertian, tanda dan gejala harga diri rendah, menjelaskan cara merawat pasien dengan harga diri rendah, mendemonstrasikan cara merawat pasien dengan harga diri rendah, dan memberi kesempatan kepada keluarga untuk mempraktekkan cara merawat

      Strategi Pelaksanaan Keluarga 1
      ORIENTASI :

      "Selamat pagi !"perkenalkan nama saya Noor Rio Prastyo yang merawat pasien T."

      "Bagaimana keadaan Bapak/Ibu pagi ini ?"

      "Bagaimana kalau pagi ini kita bercakap-cakap tentang cara merawat T?"

      "Berapa lama waktu Bp/Ibu?30 menit? Baik, mari duduk di ruangan wawancara!"

      KERJA :

      "Apa yang bapak/Ibu ketahui tentang masalah T"

      "Ya memang benar sekali Pak/Bu, T itu memang terlihat tidak percaya diri dan sering menyalahkan dirinya sendiri. Misalnya pada T, sering menyalahkan dirinya dan mengatakan dirinya adalah orang paling bodoh sedunia. Dengan kata lain, anak Bapak/Ibu memiliki masalah harga diri rendah yang ditandai dengan munculnya pikiran-pikiran yang selalu negatif terhadap diri sendiri. Bila keadaan T ini terus menerus seperti itu, T bisa mengalami masalah yang lebih berat lagi, misalnya T jadi malu bertemu dengan orang lain dan memilih mengurung diri"

      "Sampai disini, bapak/Ibu mengerti apa yang dimaksud harga diri rendah?"

      "Bagus sekali bapak/Ibu sudah mengerti"

      "Setelah kita mengerti bahwa masalah T dapat menjadi masalah serius, maka kita perlu memberikan perawatan yang baik untuk T"

      "Bpk/Ibu, apa saja kemampuan yang dimiliki T? Ya benar, dia juga mengatakan hal yang sama(kalau sama dengan kemampuan yang dikatakan T)"

      "T itu telah berlatih dua kegiatan yaitu merapihkan tempat tidur dan cuci piring. Serta telah dibuat jadual untuk melakukannya. Untuk itu, Bapak/Ibu dapat mengingatkan T untuk melakukan kegiatan tersebut sesuai jadual. Tolong bantu menyiapkan alat-alatnya, ya Pak/Bu. Dan jangan lupa memberikan pujian agar harga dirinya meningkat. Ajak pula memberi tanda cek list pada jadual yang kegiatannya."

      "Selain itu, bila T sudah tidak lagi dirawat di Rumah sakit, bapak/Ibu tetap perlu memantau perkembangan T. Jika masalah harga dirinya kembali muncul dan tidak tertangani lagi, bapak/Ibu dapat membawa T ke puskesmas"

      "Nah bagaimana kalau sekarang kita praktekkan cara memberikan pujian kepada T"

      "Temui T dan tanyakan kegiatan yang sudah dia lakukan lalu berikan pujian yang yang mengatakan: Bagus sekali T, kamu sudah semakin terampil mencuci piring"

      "Coba Bapak/Ibu praktekkan sekarang. Bagus"

      TERMINASI :

      "Bagaimana perasaan Bapak/bu setelah percakapan kita ini?"

      "Dapatkah Bapak/Ibu jelaskan kembali maasalah yang dihadapi T dan bagaimana cara merawatnya?"

      "Bagus sekali bapak/Ibu dapat menjelaskan dengan baik. Nah setiap kali Bapak/Ibu kemari lakukan seperti itu. Nanti di rumah juga demikian."

      "Bagaimana kalau kita bertemu lagi dua hari mendatang untuk latihan cara memberi pujian langsung kepada T"

      "Jam berapa Bp/Ibu dating? Baik saya tunggu. Sampai jumpa."



      SP 2 Keluarga : Melatih keluarga mempraktekkan cara merawat pasien dengan masalah harga diri rendah langsung kepada pasien

      Strategi Pelaksanaan Keluarga 2
      ORIENTASI:

      "Selamat pagi Pak/Bu"

      "Bagaimana perasaan Bapak/Ibu hari ini?"

      "Bapak/IBu masih ingat latihan merawat anak BapakIbu seperti yang kita pelajari dua hari yang lalu?"

      "Baik, hari ini kita akan mampraktekkannya langsung kepada T."

      "Waktunya 20 menit."

      "Sekarang mari kita temui T"

      KERJA :

      "Selamat pagi T. Bagaimana perasaan T hari ini?"

      "Hari ini saya datang bersama orang tua T. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, orang tua T juga ingin merawat T agar T cepat pulih."

      (kemudian saudara berbicara kepada keluarga sebagai berikut)

      "Nah Pak/Bu, sekarang Bapak/Ibu bisa mempraktekkan apa yang sudah kita latihkan beberapa hari lalu, yaitu memberikan pujian terhadap perkembangan anak Bapak/Ibu"

      (Saudara mengobservasi keluarga mempraktekkan cara merawat pasien seperti yang telah dilatihkan pada pertemuan sebelumnya).

      "Bagaimana perasaan T setelah berbincang-bincang dengan Orang tua T?"

      "Baiklah, sekarang saya dan orang tua T ke ruang perawat dulu"

      (Saudara dan keluarga meninggalkan pasien untuk melakukan terminasi dengan keluarga)

      TERMINASI :

      "Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah kita latihan tadi?"

      "Mulai sekarang Bapak/Ibu sudah bisa melakukan cara merawat tadi kepada T"

      "Tiga hari lagi kita akan bertemu untuk mendiskusikan pengalaman Bapak/Ibu melakukan cara merawat yang sudah kita pelajari. Waktu dan tempatnya sama seperti sekarang Pak/Bu"

      "Sampai jumpa"



      SP 3 Keluarga : Membuat perencanaan pulang bersama keluarga

      Strategi Pelaksanaan Keluarga 3
      ORIENTASI :

      "Selamat pagi Pak/Bu"

      "Karena hari ini hari terakhir kunjungan saya, maka kita akan membicarakan jadwal Tselama di rumah"

      "Berapa lama Bpk/Ibu ada waktu? Mari kita bicarakan di kantor"

      KERJA :

      "Pak/Bu ini jadwal kegiatan T selama di rumah sakit. Coba diperhatikan, apakah semua dapat dilaksanakan di rumah?"Pak/Bu, jadwal yang telah dibuat selama T dirawat dirumah sakit tolong dilanjutkan dirumah, baik jadwal kegiatan maupun jadwal minum obatnya"

      "Hal-hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah perilaku yang ditampilkan oleh T selama di rumah. Misalnya kalau T terus menerus menyalahkan diri sendiri dan berpikiran negatif terhadap diri sendiri, menolak minum obat atau memperlihatkan perilaku membahayakan orang lain. Jika hal ini terjadi lagi maka bawa segera ke Rs untuk pengobatan lanjut"

      "Selanjutnya perawat K tersebut yang akan memantau perkembangan T selama di rumah"

      TERMINASI :

      "Bagaimana Pak/Bu? Ada yang belum jelas? Ini jadwal kegiatan harian . Ini surat rujukan untuk perawat K di PKM Inderapuri. Jangan lupa kontrol ke PKM sebelum obat habis atau ada gejala yang tampak. Silakan selesaikan administrasinya!"



Strategi Pelaksanaan Keperawatan Jiwa - Harga Diri Rendah (HDR) sp Strategi Pelaksanaan Keperawatan Jiwa - Harga Diri Rendah (HDR) - laporan pendahuluan Strategi Pelaksanaan Keperawatan Jiwa - Harga Diri Rendah (HDR) lp
Strategi Pelaksanaan Keperawatan Jiwa - Harga Diri Rendah (HDR) 

Baca Juga : Laporan Pendahuluan Keperawatan Jiwa - Halusinasi

Mulai Oktober 2018 Blog Akan Pindah DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi Pelaksanaan Keperawatan Jiwa - Harga Diri Rendah (HDR)"

Post a Comment