Pengantar Halaman Web

Saat kamu menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer serta mengakses situs di internet pastilah kamu tahu atau melihat sebuah halaman web. Halaman yang terpampang pada browser itulah halaman web. Halaman web tersebut merupakan sebuah informasi yang dibuat dengan menggunakan teknologi web.
Kamu bisa saja membuat halaman web sendiri dengan menggunakan sebuah aplikasi pengolahan kata. Aplikasi pengolahan kata yang banyak digunakan oleh pembuat halaman web adalah notepad yang telah ada di Operating System Windows. Saat kamu menjalankan aplikasi kamu mungkin akan melihat aplikasi tersebut tidak menampilkan tampilan sesuai yang kita lihat pada halaman web yang kita lihat di browser. Lalu bagaimanakah cara kita menampilkan tampilan halaman web yang ingin kita lihat? Kamu dapat mengetahui hasil pembuatan halaman web yang kamu buat tersebut melalui sebuah browser, karena hanya browserlah yang dapat menampilkan apa yang kita buat menggunakan aplikasi tersebut.
Ada aplikasi lain selain Notepad untuk membuat halaman web. Beberapa aplikasi mungki lebih maju dibandingkan notepad karena akan menampilkan langsung apa yang kita buat seperti Adobe Dreamweaver. Dengan menggunakan Adobe Dreamweaver kita bisa melihat langsung hasilnya, jadi apa yang kita buat dan rancang akan terlihat sama atau paling tidak mendekati dengan yang akan ditampilkan di browser nantinya. Aplikasi sejenis ini biasanya disebut aplikasi dengan konsep WSYWIG yang merupakan kepanjangan dari What You See Is What You Get. Contoh aplikasi sejenis lainnya yaitu MS Frontpage.
Untuk saat ini mungkin saya sarankan kamu untuk menggunakan aplikasi sejenis Notepad untuk belajar membuat suatu halaman web. Tujuan sebenarnya adalah agar kamu lebih memahami dan lebih mengerti tentang halaman web yang akan kamu buat nanti. Apabila kamu sudah mengerti ataupun paham mengenai semua konsep dasarnya, maka kamu akan lebih mudah lagi menggunakan aplikasi sejenis ataupun aplikasi yang lebih maju lagi, misalnya aplikasi yang menggunakan konsep MSYWIG.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengantar Halaman Web"

Post a Comment